SELAMAT DATANG DI DESA BOJONG KECAMATAN LANGKAPLANCAR KABUPATEN PANGANDARAN PROVINSI JAWA BARAT " DISINILAH AKU DILAHIRKAN DAN JUGA DIBESARKAN JADILAH DESA KEBANGGAAN"

 

ZIARAH KUBUR

Administrator 11 Mei 2018 19:27:44 Berita Lokal

ZIARAH KUBUR DI MAKAM BESAR DESA BOJONG SEMBAHDALEM

Salah satu hal yang dilakukan oleh warga masyarakat Desa Bojong Kecamatan Langkaplancar menjelang bulan suci Romadon adalah melaksanakan ziarah kubur di pemakaman besar makam Sembah Dalem, salah satu makam besar di Desa Bojong yang didalamnya ada makam Eyang Sembah Dalem atau sering disebut Eyang Wangsa Dipa, dia adalah sebagai tokoh penyebar agama Islam di Desa Bojong.

Berdasarkan  keterangan  dari  sesepuh  warga , Desa  Bojong  sudah ada  sejaK Tahun 1870, saat datangnya Eyang Sembah Dalem Wangsa Dipa yang berasal dari Banyumas (Jawa Tengah). Karena kalah perang pada waktu itu pada jaman Kerajaan Majapahit, lalu mengungsi ke daerah pegunungan bagian selatan yaitu dari Bojong Kulur Desa Cikupa Kecamatan Banjarsari.

Dalam pengungsiannya ini Eyang Sembah Dalem Dipa lalu ngabobojong (bahasa Sunda) yang kemudian diberi nama Bojong sebagai tempat tinggalnya yang terahir sampai wafat dan di makamkan di Dusun Pasirtenjo Desa Bojong.

Hikmah Ziarah

Pengagungan manusia dan perbuatan syirik di mana pun bertentangan dengan Islam yang berlandaskan tauhid. Begitu pula dalam ibadah yang bernama ziarah kubur ini. Syariat telah menentukan hikmah dari anjuran berziarah kubur, yaitu:

1. Mengingatkan hamba kepada akhirat dan memberi pelajaran berharga baginya akan kehancuran dunia dan kefanaannya. Sehingga jika ia kembali dari makam, timbul rasa takut kepada Allah Azza wa Jalla yang bertambah, dan kemudian memikirkan akhirat dan beramal untuk itu. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 
إِنِّي كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَزُورُوهَا فَإِنَّهَا تُذَكِّرُكُمْ الْآخِرَةَ 

Dulu aku melarang kalian ziarah kubur. Sekarang, kunjungilah karena mengingatkan kalian kepada akhirat [HR. Muslim, an-Nasâi, dan Ahmad] 

2. Mendoakan kebaikan bagi mayit dan memohonkan ampunan bagi mereka. Ini merupakan bentuk perbuatan baik orang yang masih hidup kepada orang yang telah mati. Amalannya telah putus begitu ia menghembuskan nafas terakhirnya meninggalkan dunia menuju akhirat. Oleh sebab itu, ia sangat membutuhkan orang-orang yang berbaik hati mau mendoakan kebaikan dan ampunan baginya, serta menjadikannya penghuni surga.
Secara eksplisit, doa yang dilantunkan peziarah kubur sebelum memasuki makam menjadi dasar hikmah kedua ini. Ditambah dengan riwayat bahwa ‘Aisyah Radhiyallahu anhuma menceritakan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang pergi di malam hari ke (kompleks makam) Baqi'. 'Aisyah Radhiyallahu anhuma menanyakan alasan kepergian beliau. Beliau menjawab:

إِنِّيْ أُمِرْتُ أَنْ أَدْعُوَ لَهُمْ 

Aku diperintah untuk mendoakan mereka [1]. Hadits riwayat Ahmad. Al-Albâni t berkata: "Shahîh sesuai riwayat Bukhâri dan Muslim" (Musnad 6/252). Lihat pula Shahîh Muslim no. 974

3. Pada tata cara berziarah, bagi yang mengikuti petunjuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam , berarti ia telah berbuat baik kepada dirinya sendiri. Sebaliknya, orang-orang yang melakukan perbuatan macam-macam dalam berziarah, mereka telah menjerumuskan diri ke dalam jurang kesesatan.
Ibnul Qayyim rahimahullah menyampaikan hikmah ketiga ini dengan mengatakan: "(Hikmah ziarah kubur) pengunjung berbuat baik kepada dirinya sendiri dengan mengikuti petunjuk Sunnah dan melangkah sesuai dengan ketentuan aturan yang disyariatkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam . Jadi, ia telah berbuat baik kepada diri sendiri dan orang (penghuni kubur) yang ia kunjungi". [2]. Ighâtsatul Laghfân (1/337) Nukilan dari Taqdîsul Asykhâs 2/116
Hikmah ini banyak dilupakan oleh para penulis tentang masalah ziarah kubur. Sebagaimana dalam setiap pelaksanaan ta'abbud mesti berlandaskan petunjuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam , demikian pula dalam pelaksanaan ziarah kubur. Di masa kini, panduan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai ziarah kubur telah terabaikan. Akibatnya, di kebanyakan negeri Islam, kuburan telah beralih fungsi menjadi sumber praktek syirik dan maksiat lainnya.[3]. Lihat Taqdîsul Asykhâs (2/116)

4.Ziarah kubur dapat melembutkan hati. Sebagaimana disebutkan dalam hadits yang lain:    “Dulu aku pernah melarang kalian untuk berziarah-kubur. Namun sekarang ketahuilah, hendaknya kalian berziarah kubur. Karena ia dapat melembutkan hati, membuat air mata berlinang, dan mengingatkan kalian akan akhirat namun jangan kalian mengatakan perkataan yang tidak layak (qaulul hujr), ketika berziarah” (HR. Al Haakim no.1393, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Al Jaami’, 7584)

5.Ziarah kubur dapat membuat hati tidak terpaut kepada dunia dan zuhud terhadap gemerlap dunia. Dalam riwayat lain hadits ini disebutkan: “Dulu aku pernah melarang kalian untuk berziarah-kubur. Namun sekarang ketahuilah, hendaknya kalian berziarah kubur. Karena ia dapat membuat kalian zuhud terhadap dunia dan mengingatkan kalian akan akhirat” (HR. Al Haakim no.1387, didhaifkan Al Albani dalam Dha’if Al Jaami’, 4279)

6.Al Munawi berkata: “Tidak ada obat yang paling bermanfaat bagi hati yang kelam selain berziarah kubur. Dengan berziarah kubur, lalu mengingat kematian, akan menghalangi seseorang dari maksiat, melembutkan hatinya yang kelam, mengusir kesenangan terhadap dunia, membuat musibah yang kita alami terasa ringan. Ziarah kubur itu sangat dahsyat pengaruhnya untuk mencegah hitamnya hati dan mengubur sebab-sebab datangnya dosa. Tidak ada amalan yang sedahsyat ini pengaruhnya” (Faidhul Qaadir, 88/4)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sekretaris Desa Kaur Umum Kaur Keuangan Bendahara Kasi Pemerintahan Kasi Ekbang Kasi Kesra Unsur Wilayah Bojong Unsur Wilayah Pasirtenjo Unsur Wilayah Bentar Kaur Perencanaan

Sinergi Program

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlusYouTubeInstagram

Komentar Terkini

Lokasi Kantor Desa

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung