SELAMAT DATANG DI DESA BOJONG KECAMATAN LANGKAPLANCAR KABUPATEN PANGANDARAN PROVINSI JAWA BARAT " DISINILAH AKU DILAHIRKAN DAN JUGA DIBESARKAN JADILAH DESA KEBANGGAAN"

 

PERINGATAN HARI BESAR ISLAM (PHBI) ISRA MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW 1440 H/2019 DESA BOJONG

Administrator 04 April 2019 09:39:33 Berita Desa

          Pada hari Rabu tanggal 03 April 2019 di Desa Bojong telah melaksanakan Peringatan Hari Besar Islam Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1440 H. Bertempat di Gelanngang Serba Guna Wangsadipa Muda dan dihadiri oleh masyarakat Desa Bojong, acara dimulai pada pukul 08.00 WIB s/d selesai dan acara berjalan dengan lancar..

         pengertian Isra’ menurut istilah ialah perjalanan Nabi Muhammad SAW, di waktu malam dari Masjid al-Haram (Masjid al- Haram) Mekah ke Masjid al-Aqsha di Palestina, bertepatan malam 27 Rajab satu tahun sebelum hijrahnya Nabi.

         Sedangkan pengertian Mi’raj menurut Istilah adalah naiknya Nabi Muhammad SAW. dari Masjidil Aqsha ke langit sampai ke Sidrat al-Muntaha, terus sampai ke tempat yang paling tinggi untuk menghadap kepada Allah. Pada malam 27 Rajab. Mi’raj adalah kelanjutan dari Isra’ yang dikerjakan oleh Rasulullah saw, kedua-duanya dalam waktu satu malam.
Jadi Isra’ Mi’raj adalah perjalanan Nabi pada malam hari dari Masjid al- Haram ke Masjid al-Aqsha kemudian dilanjutkan ke Sidrat al-Muntaha guna menghadap kepada Allah SWT.

         Hikmah terpenting dari peristiwa Isra’ Mi’raj itu sendiri ialah keistimewaan perintah shalat lima kali sehari semalam. Perintah ini langsung diterima Rasulullah SAW tanpa melalui malaikat penyampai wahyu, inilah keistimewaan yang paling besar, karena semua perintah Allah SWT diterima Nabi melalui wahyu yang dibawa oleh malaikat Jibril. 

Melihat cara penyampaian yang perintah shalat yang sangat istimewa ini, hendaknya kita menyadari betapa pentingnya shalat lima kali sehari semalam itu. Kalau kita gali lebih dalam, maka bertemulah dengan satu kesimpulan bahwa ibadah shalat adalah mencerminkan penyerahan diri yang tulus dari seorang hamba, pengakuan lahir bathin seorang hamba akan Keagungan dan Kebesaran Allah SWT, serta senantiasa taat akan perintah dan larangan-Nya. 

Apabila seorang hamba telah menegakkan shalatnya dengan benar, dapat dipastikan seluruh perjalanan hidupnya senantiasa akan berhiaskan prilaku dan perbuatan terpuji serta akhlak yang mulia, maka terhindarlah ia dari semua perbuatan tercela dan kemungkaran. Firman Allah SWT: “Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar.” (QS. Al-Ankabut: 45) 

Rasulullah SAW juga menetapkan shalat adalah sebagai tiang agama, sebagaimana sabda Beliau: “Shalat adalah tiang agama, maka barangsiapa menegakkannya berarti dia telah menegakkan agamanya. Dan barangsiapa yang meninggalkannya, berarti dia telah merobohkan agamanya.” 

Berdasarkan keterangan ayat dan hadits di atas, bahwa shalat merupakan ukuran iman dan Islamnya seorang hamba. Sebab, apabila shalat telah dikerjakan dengan benar oleh seorang hamba, niscaya hatinya semakin dekat kepada Allah SWT dan ia yakin bahwa Allah SWT senantiasa menyaksikan segala amal perbuatannya dan senantiasa bersama dengannya. Sehingga seluruh perjalanan hidupnya senantiasa dipergunakan untuk mentaati perintah dan tuntunan Allah SWT.

Komentar atas PERINGATAN HARI BESAR ISLAM (PHBI) ISRA MI'RAJ NABI MUHAMMAD SAW 1440 H/2019 DESA BOJONG

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Kaur Umum Kaur Keuangan Bendahara Kasi Pemerintahan Kasi Ekbang Kasi Kesra Unsur Wilayah Pasirtenjo Unsur Wilayah Bentar Kaur Perencanaan

Sinergi Program

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlusYouTubeInstagram

Komentar Terkini

Lokasi Kantor Desa

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung