SELAMAT DATANG DI DESA BOJONG KECAMATAN LANGKAPLANCAR KABUPATEN PANGANDARAN PROVINSI JAWA BARAT " DISINILAH AKU DILAHIRKAN DAN JUGA DIBESARKAN JADILAH DESA KEBANGGAAN"

 

TIPS SEHAT MENJELANG PUASA RAMADHAN

Administrator 29 April 2019 11:45:05 Berita Lokal

Tak lama lagi kita akan segera memasuki Bulan Ramadhan 1440 H, hal yang paling penting saat akan memasuki Bulan Ramadhan adalah kesehatan kita, dikarenakan kita akan berpuasa selama satu Bulan lamanya, berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan menjelang Bulan puasa Ramadhan supaya kita fit saat berpuasa nanti :

1. Porsi Makanan

Beberapa diantara kita berfikir bahwa mengurangi porsi makan sekarang, dapat membantu kelancaran puasa. Nah ternyata,  kamu dianjurkan untuk tidak mengurangi porsi makan. Karena pengurangan porsi makan ini justru akan meningkatkan rasa lapar dan dapat mempersulit puasa kamu.

Hal yang paling baik kamu lakukan adalah tidak mengurangi atau bahkan merubah porsi makan mu, hanya polanya saja yang harus kamu sesuaikan.

2. Sarapan
Seperti biasanya, sarapan adalah hal terpenting untuk tubuh dalam menyiapkan energi sehari-hari. Dengan membiasakan diri untuk melakukan sarapan, tubuh mu pun tidak akan kaget saat sedang sahur nantinya. Tips puasa ini sangat penting untuk nutrisi otak. Dengan asupan yang cukup, kamu dapat memenuhi kebutuhan energi tubuh untuk aktifitas sehari-hari.
 
3. Kurangi Kafein
Sulit rasanya untuk tidak mengkonsumsi teh atau kopi di pagi dan sore hari. Akan tetapi, demi kelancaran puasa, sebaiknya kamu mengurangi kudua minuman yang mengandung kafein ini.
Mengkonsumsi kafein dapat membuat tubuh jadi mudah dehidrasi. Jadi ketika kamu mengkonsumsi kafein, kamu bisa merasa lebih cepat haus dan lebih sering buang air kecil. Kebiasaan ini akan mengganggu puasa mu, jadi sebaiknya mulai kurangi konsumsi kafein.
4. Ngemil
Nah ini nih yang mungkin akan menjadi persiapan paling berat. Sebaiknya, kamu mengurangi kebiasaan kamu mengemil. Karena hal ini akan membuat puasa kamu lebih berat. Coba deh perlahan-lahan kurangi kebiasaan mengunyah mu agar ketika puasa kamu tidak mencari-cari cemilan untuk menyibukan mulut.
 
5. Jam Tidur
Mengatur jam tidur itu sangat penting! Karena saat memasuki bulan puasa nanti, kamu harus bangun lebih pagi untuk sahur. Kamu bisa mengatasi ini untuk mencoba tidur lebih awal
Karena masalah tidur biasanya sering menjadi alasan kita untuk tidak sahur, dan ujung-ujungnya jadi tidak puasa. Mulai atur pola tidur, agar saat Ramadhan nanti, kamu tidak kesulitan untuk bangun labih pagi.
 
6. Stok makanan
Persiapkan menu untuk sahur dan berbuka selama tujuh hari pertama! Siapkan bahan-bahannya ketika kamu masih berenergi penuh. Biasanya pola kerja kamu akan sedikit terpengaruhi karena puasa dan juga karena tidak terbiasa.
Hal ini akan membuat tubuh jadi cepat lelah sehingga badan rasanya jadi lebih malas untuk membeli atau menyiapkan makanan berbuka ataupun sahur. Ada baiknya sebelum memasuki bulan puasa, kamu menyediakan bahan makanan selama seminggu pertama yang mudah dan praktis untuk dibuat.
 
7. Kurangi Rokok
Buat kamu yang merokok, sebaiknya kamu kurangi rokok kamu selama siang hari saat mau berpuasa. Agar nanti jika kamu mulai berpuasa, kamu tidak akan merasa canggung lagi
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sekretaris Desa Kaur Umum Kaur Keuangan Bendahara Kasi Pemerintahan Kasi Ekbang Kasi Kesra Unsur Wilayah Bojong Unsur Wilayah Pasirtenjo Unsur Wilayah Bentar Kaur Perencanaan

Sinergi Program

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlusYouTubeInstagram

Komentar Terkini

Lokasi Kantor Desa

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung